YLKI Perwakilan Yogyakarta

YLKI Perwakilan Yogyakarta
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
International Organization of Consumers Unions (IOCU)
Alamat/Address: Jalan Kaliurang Km 6,5, Gg Timor Timur 132 A, Yogyakarta 55223, Daerah Istimewa Yogyakarta; Telp./Fax.: (0274) 882936
Contact person: Martinus Ujianto (Ketua)

Latar belakang dan tujuan: Karena usaha perlindungan konsumen di daerah dirasa sangat perlu, maka dibentuklah lembaga untuk melindungi konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan nama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Yogyakarta. Adapun maksud dan tujuan organisasi yang dibentuk pada 12 April 1978 ini adalah memberikan penyuluhan dan perlindungan terhadap masyarakat konsumen, diarahkan guna mencapai kesejahteraan keluarga.
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah kesehatan, air bersih dan sanitasi, lingkungan hidup, hak asasi manusia, dan demokrasi. Bidang kegiatan penunjangnya adalah pertanian, sektor informal, serta kependudukan dan keluarga berencana. Semuanya dilakukan lewat bentuk-bentuk kegiatan utama dan penunjang yakni studi, penelitian, survai, pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan pendampingan masyarakat, penerbitan dan publikasi, advokasi, pengaduan, sampai seminar, diskusi dan lokakarya.
Program: Beberapa program yang telah dilakukan lembaga ini di antaranya pembentukan kelompok konsumen sadar, seminar tentang Perusahaan Listrik Negara dan survai tentang pelayanan PT Pos dan Giro serta pelayanan kesehatan.
Publikasi: Menerbitkan majalah Warta Konsumen.
Sumber dana: Selain iuran dan sumbangan anggota, juga ada subsidi dari pemerintah daerah. Ada kesulitan mencari dana sendiri karena pihak funding, seperti USAID, menyalurkannya langsung kepada YLKI Jakarta.
Keanggotaan dan wilayah kerja: Tidak tersedia informasi keanggotaan lembaga ini. Wilayah kerja lembaga ini meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Staf: Kegiatan operasional sehari-hari dikerjakan oleh 2 orang staf tetap dan 8 orang staf tidak tetap, di dalamnya termasuk 2 orang staf administrasi.

Background and purpose: Because it was felt that the protection of consumers in the provinces was a very important matter, an institute with the aim to protect consumers in Yogyakarta was founded under the name of Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Yogyakarta. The purpose and aim of the organization, which was established on 12 April 1978, are provide counseling and protection for consumers, which is meant for materializing welfare in the family.
Area and form of activities: YLKI Yogyakarta’s main fields of activity are healthcare, clean water and sanitation, environment, human rights, and democracy. Its supporting fields of activity include agriculture, informal sector, and population and family planning. All activities in those fields are mainly carried out in the forms of study, research, survey, education and training, community development and facilitation, publication, advocacy, bringing a suit, seminar, discussion and workshop.
Program: Programs implemented by YLKI Yogyakarta include the formation of conscious consumers groups, seminars on State Electricity Enterprise (PLN), and the survey on the services of PT Pos dan Giro, and healthcare services.
Publication: YLKI Yogyakarta publishes Warta Kosumen magazine.
Funding sources: The foundation’s main sources of revenues are its membership dues and donations, and subsidies from the local government. It has found difficulties to seek funds by itself because funding agencies like USAID channels its assistance funds directly to its parent organization, YLKI Jakarta.
Membership and working area: Information about the foundation’s membership is not available. Its area of operation is Yogyakarta Special Territory.
Staff: The foundation’s daily activities are carried out by 2 full-time and 8 part-time staff members, including 2 administration workers. 

Postingan terkait: