Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia

LP2SM
Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia
Institute for Research and Human Resources Development                 
Alamat/Address: Jalan St Iskandar Muda Lr Merpati II No. 30 , Banda Aceh 23233; Daerah Istimewa Aceh;
Telp./fax.: (0651) 42661 E-mail : lpduasm@telkom.net
Contact person: Mirdas Ismail (Direktur)

Kantor Cabang/Branch office: Jalan Sri Remaja No.21 Bandung 40253; Telp./Fax.: (022) 5202400


Latar belakang dan tujuan: Lembaga ini lahir dari suatu rasa keprihatinan mendalam melihat penanganan dan pengelolaan sumber daya manusia di Daerah Istimewa Aceh, baik terhadap rakyat kecil di pedesaan, pinggiran kota dan perkotaan, maupun masyarakat terpelajar yang tidak terampil. Tujuan lembaga yang berdiri pada 12 Nopember 1989 ini adalah membina dan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat miskin pedesaan, pinggiran kota dan perkotaan sebagai sumber daya insani pembangunan bangsa. 
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah pertanian, sektor informal, usaha kecil dan perkoperasian, peternakan, serta kelautan dan perikanan. Pendamping bidang utama tersebut adalah kesehatan, air bersih dan sanitasi, hukum, lingkungan hidup, pembangunan perkotaan, buruh dan tenaga kerja, serta anak. Kesemuanya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan seperti studi, penelitian, survai, pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan pendampingan masyarakat, serta perkreditan. Advokasi serta seminar, diskusi dan lokakarya juga dianggap penting sehingga dimasukkan dalam bentuk kegiatan penunjang. 
Sumber dana: Sumber dana diperoleh dari iuran dan sumbangan anggota, bantuan dari pemerintah, dan pendapatan dari jasa kerja sama dengan pihak lain.
Keanggotaan dan wilayah kerja: Lembaga ini pada tingkat regional masuk dalam Forum LSM Daerah Istimewa dan anggota WALHI pada tingkat nasional. Wilayah kerja lembaga ini mencakup dua propinsi, yakni Daerah Istimewa Aceh (Banda Aceh) dan Jawa Barat (Bandung).
Staf: Lembaga ini memiliki 4 orang karyawan tetap terdiri atas 3 orang tergolong staf profesional dan 1 orang staf administrasi.
 
Background and purpose: This institute was formed based on deep concerns regarding the handling and management of human resources in Aceh province, both the lower level community living in villages, suburbs and cities and the educated skilled community. The purpose of this institute which was founded on November 12, 1989 is to build up and to improve the quality of life and welfare of the poor communities in villages, suburbs as well as in the cities as human resources in developing the nation.
Area and form of activities: To accomplish the purpose, this institute mainly works in the field of agriculture, informal sector, small business and cooperative, cattle breeding and marine and fishery. Its supporting activities are health, clean water and sanitation, law, environment, urban development, labor and man power and childcare. Those activities are carried out in the form of community development and assistance and credit services along with advocacy, seminar, discussion and workshop.
Funding sources: The funding of this institute comes from the membership fee and donations from members, government assistance and the income resulting from the cooperation with other parties. 
Membership and working area: At regional level this institute is a member of NGOs Forum of Aceh and at national level it is a member of WALHI. This institute has worked in two provinces, that is, the province of Aceh (Banda Aceh) and West Java (Bandung). 
Staff: This institute has 4 full-time staffs; 3 of them are professionals and 1 administrative staff.

Postingan terkait: