Yayasan Shorea

SHOREA
Yayasan Shorea
Shorea Foundation
Alamat/Address: Jalan Weling No.78, Karanggayam CT VIII, Yogyakarta 55281, Daerah Istimewa Yogyakarta; Telp.: (0274) 524867
Fax.: (0274) 566171; Email: shorea@mailcity.comContact person: Mukti Aji (Direktur Eksekutif).

Latar belakang dan tujuan: Yayasan Shorea dibangun oleh sejumlah aktivis dan mantan aktivis mahasiswa pada 2 Mei 1995, sebagai ruang gerak aktivitas dan penyaluran idealisme dalam kerangka terwujudnya masyarakat yang diridhai Allah SWT, khususnya yang berkaitan dengan persoalan kehutanan dan lingkungan secara umum. Tujuan pokok dibentuknya lembaga ini adalah mengembangkan sistem manajemen perkaderan sumber daya manusia secara intelektual, moral, dan fisik yang Islami sehingga mampu berperan aktif dalam pembangunan pada umumnya dan pembangunan sumber daya hutan pada khususnya, yang secara sosial bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan umat.
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah lingkungan hidup dan hutan kemasyarakatan yang ditunjang oleh bidang kegiatan lain, seperti: pertanian, usaha kecil dan perkoperasian, serta penangkaran satwa. Untuk mewujudkan semua itu ditempuh dengan melakukan studi, penelitian, survai, pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan pendampingan masyarakat, serta advokasi. Ditunjang oleh penerbitan dan publikasi serta seminar, diskusi, dan lokakarya.
Program: Lembaga ini telah melakukan berbagai program, di antaranya pembinaan model hutan rakyat, pembinaan sumber daya manusia dan penguatan lembaga dan survai sosial di hutan jati.
Publikasi: Menerbitkan buletin Shorea secara teratur.
Sumber dana: Seluruh kegiatan dijalankan dengan mengandal­kan dana dari iuran dan sumbangan anggota serta pendapatan dari jasa kerja sama dengan pihak lain. Alokasi dana yang ada terbatas untuk penggarapan proyek-proyek kerja sama dan sisa anggaran hanya untuk menghidupi lembaga.
Keanggotaan dan wilayah kerja: Lembaga ini terlibat aktif dalam organisasi-organisasi FKKM, JKPM, dan Konsorsium Padat Karya Yogyakarta. Sementara wilayah kerjanya adalah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Staf: Lembaga ini memiliki 20 orang karyawan, di antaranya 5 staf tetap dan 15 staf tidak tetap. Dilihat dari fungsinya, ada 15 orang tenaga profesional dan 2 orang staf administrasi.
Background and purpose: Shorea Foundation was set up by a number of student activists and former student activists on 2 May 1995. It provides a room for their activities, and serves as an organization through which they channel their idealism in connection with the materialization of a society which is blessed by God. Their activities and idealism are specifically related to forestry issues and environment in general. SHOREA mainly aims to develop systems of managing human resources develop­ment from Islamic intellectual, moral and physical aspects so that they can take an active part in development in general and in the development of forestry resources in particular, which are socially beneficial for the improvement of welfare of the Islamic community.
Area and form of activities: Environment and community forest are the focus of SHOREA’s fields of activities. They are supported by other fields of activities like agriculture, small enterprises and cooperatives, and animal breeding. All of the activities are carried out through study, research, survey, education and training, community development and facilitation, and advocacy. They are supported by publication and seminar, discussion and workshop.
Program: Shorea has carried out programs like the development community forest models; the development of human resources; institutional empowerment; and social survey on teak forests.
Publication: The foundation publishes Shorea bulletin on a regular basis.
Funding sources: All of its activities are financed with funds derived from donations from its members, and from the remuneration of the projects it carries out together with other parties. The funds it gets are allocated for joint projects, and for the day-to-day operation of the foundation.
Membership and working area: Shorea is actively involved in organizations like FKKM, JKPM, and the Yogyakarta Consortium of Intensive Labor. Meanwhile, its area of operation covers Central Java, Yogyakarta Special Territory and East Java.
Staff: There at 20 employee working at Shorea, who are comprised of 5 full-time and 15 part-time workers. According to their function, they include 15 professional and 2 administration staff members.

Postingan terkait: