The Asia Foundation

 

THE ASIA FOUNDATION  

Jl. Dharmawangsa Raya 50, Kebayoran Baru , JAKARTA 12160; Telp.  :  (062-021) 726.1860
Fax.     :  (026-021) 726.2834; E-mail : general@tafindo.org
465 California Street 14th floor, San Francisco, CA 94104, USA
Phone : (1 415) 982.4640; Fax.     : (1 415) 392.8863; E-mail : tafpa@ic.apc.org
 Kepala perwakilan di Indonesia:  Dr. Douglas E. Ramage  

Latar Belakang, Visi dan Misi
The Asia Foundation adalah organisasi nirlaba, non pemerintah, yang bekerja untuk meningkatkan kerjasama di kawasan Asia Pasifik. The Asia Foundation didanai oleh kontribusi dari beberapa perusahaan, yayasan, perorangan dan organisasi pemerintah di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia-Pasifik. Melalui program-programnya, The Asia Foundation membangun kepemimpinan, meningkatkan kualitas kebijakan dalam rangka mendorong peningkatan keterbukaan dan kesejahteraan bersama di kawasan Asia Pasifik.
 
Spesifikasi Program di Indonesia
The Asia Foundation memulai programnya di Indonesia pada awal tahun 1955. Program  yang utama adalah mendukung berbagai LSM dalam upaya untuk memperkuat basis  dan hak-hak politik rakyat sebagai landasan untuk meningkatkan partisipasi mereka. Beberapa contoh kegiatan yang telah dibantu adalah sebagai berikut:
  1. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam agenda politik nasional dalam perspektif penguatan masyarakat sipil dan hak-hak asasi manusia. Termasuk di dalamnya partisipasi perempuan.
  2. Pemberdayaan usaha kecil dan menengah dengan menciptakan iklim kebijakan pemerintah yang lebih kondusif
  3. Pengembangan mekanisme penyelesaian konflik dalam masyarakat, antara lain melalui lembaga arbitrase

Pedoman Permohonan Dana
Permohonan dana dapat dilakukan setiap waktu untuk program dan kegiatan yang sesuai dengan prioritas program Asia Foundation di Indonesia. Tidak ada pedoman khusus mengenai bentuk proposal permohonan, tetapi  secara umum harus memuat keterangan tentang lembaga pemohon, yang meliputi nama dan alamat, badan hukum, pengurus, latar belakang, visi dan misi organisasi serta uraian tentang kegiatan yang akan dilakukan, disertai anggarannya
 

Postingan terkait: