KEHATI

 


Gd. Patra Jasa, Lantai II, Ruang 2E, Jl. Gatot Subroto Kav. 32-34,JAKARTA 12950;
Telp. : (021) 522 8031,(021) 522 8032; Fax.   : (021) 522 8033;
Email: kehati@kehati.or.id ; Website: http://www.kehati.or.id
Direktur Eksekutif: Ismid Hadad
 

Latar Belakang, Visi dan Misi

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) adalah organisasi yang independen dan non profit. Organisasi ini mempunyai misi untuk membantu memelihara kekayaan alam Indonesia. Meskipun Indonesia telah aktif di lapangan konservasi hayati selama beberapa dekade, pertambahan populasi  dan percepatan perkembangan ekonomi meningkatkan tekanan pada sumberdaya tanah di sepanjang kepulauan. Tekanan ini berdampak pada kelangsungan kegunaan keanekaragaman hayati, oleh karena itu usaha-usaha konservasi harus ditingkatkan. Yayasan KEHATI intensif bertindak sebagai katalis mekanisme pendanaan yang fleksibel, untuk mengidentifikasi jalan yang inovatif untuk mengkonservasi dan memelihara kelangsungan kegunaan kekayaan hayati. 
                  
Yayasan KEHATI dibentuk pada tanggal 12 Januari 1994 di Jakarta, sebagai hasil kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dan dibentuk untuk mencegah erosi sumber daya alam serta meningkatkan manfaat keanekaragaman hayati bagi pengembangan kualitas hidup manusia. Saat ini Yayasan KEHATI merupakan bagian dari pengurus program konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia yang merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia, Jepang dan Amerika Serikat. Sebagai lembaga independen, yayasan KEHATI didirikan oleh orang-orang yang duduk dalam dewan penyantun yang terdiri dari 22 dari berbagai latar belakang, yakni ilmuwan, akademisi , pimpinan LSM, rohaniawan, budayawan dan komunitas bisnis.


Spesifikasi Program di Indonesia  

Berdasarkan rencana dan tujuan strategis yang ingin dicapai, Yayasan KEHATI menyusun program untuk lima tahun  mendatang (1998-2002).
  1. Program peningkatan kesadaran masyarakat, yaitu dengan cara menyebarluaskan informasi, pelatihan, atau cara-cara lain, yang bertujuan untuk mendorong peran serta masyarakat dalam usaha konservasi keanekaragaman hayati.
  2. Progam pemberdayaan masyarakat, yang pada intinya adalah meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia mitra lokal dalam bidang penelitian, pendidikan dan penerangan, melalui lokakarya, diskusi, publikasi dan sebagainya.
  3. Program pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati, yang dimaksudkan sebagai program terpadu yang mencakup aspek pelestarian, pemanfaatan secara ekonomis dan pembagian keuntungan usaha itu. Hal itu dapat dilakukan melalui kerjasama antara institusi. Termasuk dalam program ini adalah pengkajian kebijakan pemerintah atau kearifan tradisional, untuk mengidentifikasi konflik-konflik kepentingan yang ada, dan merumuskan solusinya.

Pedoman Permohonan Dana

Yayasan KEHATI membuka kerjasama dengan pihak-pihak yang berminat, yang disarankan untuk lebih dahulu menanyakan rincian tata caranya ke alamat di atas.
 


Postingan terkait: