FRIEDRICH NAUMANN STIFTUNG

Jl. Rajasa II/7

JAKARTA 12110

Telp. : (021) 725 6012 /13
Fax   :       (021) 720 3868

 
Kepala Perwakilan di Indonesia :

Dr. Rainer Adam

 

Latar Belakang, Visi dan Misi
Friedrich Naumann Stiftung (FNS) didirikan sebagai hasil dari pertemuan di Bonn pada tahun 1958, oleh beberapa orang dengan latar belakang berbeda-beda yang diketuai oleh Theodor Heuss, yang ketika itu adalah Presiden Republik Federal Jerman. Lembaga ini didirikan atas dasar kepedulian para pendirinya terhadap gagasan liberalisme dan kebebasan, mengingat beberapa pendirinya adalah tokoh Partai Demokrat Liberal (FDP). NamaYayasan ini dipilih sebagai penghormatan kepada salah satu tokoh liberal Jerman, Friedrich Naumann (1860-1924), seorang anggota Parlemen Jerman Raya (Reichstag), penulis dan wartawan.

FNS berdiri dengan tujuan untuk mendukung program-program yang merangsang dialog dan pemikiran tentang keadaan sosial, politik dan ekonomi  untuk secara bersama mengupayakan solusi dan menumbuhkan harapan baru bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik. 

FNS datang ke Indonesia pada tahun 1968 dan memulai kegiatannya di Indonesia melalui kesepakatan dengan Menteri Perdagangan RI. Pada tahun 1970, wakil FNS datang dan menetap di Indonesia dan semenjak itu terus membina kerja sama dengan beberapa kalangan baik dari swasta maupun LSM


Spesifikasi Program di Indonesia  
FNS memiliki sejumlah program kerja utama yang terdiri dari berbagai bidang, yakni perbaikan sosial dan ekonomi masyarakat, pelatihan wartawan dan peningkatan peranan media, peningkatan kesadaran hukum dan hak-hak asasi manusia, serta pemberdayaan organisasi kemasyarakatan dan usaha kecil. Di samping itu FNS juga memiliki perhatian terhadap masalah lingkungan hidup dan pertanahan, serta demokrasi ekonomi.


Pedoman Permohonan Dana
FNS dapat memberikan bantuan kepada lembaga-lembaga yang memiliki kegiatan yang sesuai dengan misi yayasan ini. Pada saat ini FNS tidak memberikan bantuan kelembagaan, dan lebih menekankan bantuan untuk program atau kegiatan. Untuk keterangan lebih lengkap dapat menghubungi alamat di atas.
 

Postingan terkait: