USAID

 


Jl. Medan Merdeka Selatan No.3 -5, Jakarta 10110;  Telp. : (021) 344 2211
Fax.   : (021) 380 6694, 385 8560 

Kepala Perwakilan diIndonesia; Lance Downing
 

Latar Belakang, Visi dan Misi

United States Agency for International Development (USAID) adalah sebuah lembaga pemerintah federal Amerika Serikat yang bersifat independen, yang diresmikan oleh John F.Kennedy, sebagai bagian dari Undang-Undang tentang Bantuan Luar Negeri tahun 1961. Misinya adalah mengelola bantuan kemanusiaan dan ekonomi bagi negara-negara asing.

Lembaga ini memberikan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan dan barang-barang lain, termasuk bantuan bagi korban bencana alam. Lembaga ini juga memberikan bantuan untuk program pemeliharaan kesehatan, seperti vaksinasi, imunisasi, perlindungan dari AIDS, gizi untuk ibu dan anak, dan pelayanan program Keluarga Berencana.

USAID juga mempromosikan pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan kemampuan dan sumber daya yang ada di tingkat lokal. USAID mendukung pembangunan yang berwawasan lingkungan, dan mencegah timbulnya berbagai masalah sebagai akibat dari polusi udara, penebangan hutan, pemanasan global, polusi air tanah, dan pembuangan limbah ke laut. Saat ini, USAID juga memperluas bidang kerjanya dengan membiayai sejumlah program untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang bebas dan adil dan pengembangan kehidupan demokrasi.  

Wilayah kerja USAID mencakup negara-negara di Afrika, Asia, Eropa Timur dan Eropa Tengah, Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah, dan negara-negara yang pernah bergabung dengan Uni Sovyet. Lembaga ini bekerjasama dengan individu-individu, pemerintah dan organisasi lain dalam membantu pembangunan di sejumlah bidang.
 

Spesifikasi Program di Indonesia  


Di Indonesia, USAID memberi dukungan untuk berbagai program yang sesuai dengan misi dan tujuan lembaga ini, yaitu upaya perbaikan di bidang ekonomi dan transisi menuju demokrasi. Dalam jangka pendek, program-program USAID diharapkan dapat mengurangi dampak krisis ekonomi yang yang dialami masyarakat.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, USAID terlibat dalam upaya perbaikan akibat krisis ekonomi dan politik di Indonesia.  Program-program yang dijalankan antara lain adalah program transisi menuju demokrasi, perbaikan ekonomi dan sistem finansial, perluasan lapangan kerja,  pengelolaan lingkungan hidup serta  jaminan pangan untuk kelompok masyarakat tertentu.

Dalam program transisi menuju demokrasi, USAID antara lain telah membantu dalam bidang pendidikan pemilih serta penyelenggaraan dan pengawasan pemilihan umum.  Di bidang keuangan, membantu usaha restrukturisasi perbankan, pengembangan perangkat ekonomi makro yang baru, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam penentuan kebijakan ekonomi.  Di bidang lingkungan hidup, membantu LSM dan pemerintah daerah untuk mengelola sumberdaya secara berkelanjutan, di samping usaha pelibatan sektor swasta dalam konservasi alam.  Sementara dalam masalah kesehatan, telah membantu pengadaan makanan tambahan bagi anak, obat-obatan, pelatihan untuk bidan di desa, serta pendidikan untuk pencegahan penyakit kelamin.


Pedoman Permohonan Dana
Lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang berminat dapat mengajukan permohonan bantuan dana dengan membuat proposal proyek sesuai dengan format yang telah ditentukan.  Penjelasan lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi alamat di atas.
 

Postingan terkait: