CUSO


Jl. Danau Tamblingan F1/31, Pejompongan, JAKARTA 10210; Telp. : (021) 573 3604;
Fax.   : (021) 571 0196; E-mail : cusoindo@indo.net.id
Alamat  Pusat : Suite 400, 2255 Carling Avenue, Ottawa, ON, K2B 1A6, CANADA
Kepala perwakilan di Indonesia : Yuanita Indah Ryarti
 

Latar Belakang, Visi dan Misi

CUSO adalah sebuah lembaga non profit yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan keadilan sosial di seluruh dunia. CUSO berawal dari lembaga kecil yang terdiri dari beberapa orang lulusan universitas  yang menjadi sukarelawan di negara-negara berkembang. Pada mulanya CUSO merupakan singkatan dari  Canadian University Service Overseas, tetapi kemudian pada tahun 1981 melepaskan kaitannya dengan universitas. Sekarang lembaga ini dikenal dengan nama “CUSO” saja tanpa kepanjangannya. CUSO bekerja sama dengan kelompok-kelompok dan individu-individu yang mempunyai kesamaan tujuan yaitu mencari alternatif pemecahan bagi ketidakadilan di bidang sosial, ekonomi dan politik yang membatasi kebebasan manusia. Begitu pula dalam bidang kebudayaan, kemasyarakatan, serta lingkungan hidup.

CUSO yakin bahwa perubahan sosial global dapat dicapai hanya dengan kerjasama, pertukaran pengetahuan dan sumberdaya melewati batas-batas negara. Sejak tahun 1961 lembaga ini menyumbangkan keahlian, membangun jaringan kerja dan membantu kemandirian komunitas yang meliputi ratusan proyek di negara berkembang.

Misi CUSO adalah mendukung pendekatan pembangunan alternatif dengan mendorong partisipasi masyarakat, melindungi lingkungan alam, menghargai spiritualitas dan kebudayaan, serta mendukung hak asasi manusia dan kesetaraan gender.

CUSO membantu memperkuat jaringan antara kelompok-kelompok masyarakat dan LSM-LSM di Kanada, Karibia, Amerika Latin, Afrika, Asia dan Pasifik Selatan.

Spesifikasi Program di Indonesia  

CUSO menyediakan tenaga-tenaga pendamping dan fasilitator untuk berbagai bidang kegiatan, yang didatangkan dari Kanada. Mereka bekerja bersama lembaga-lembaga lokal di bidang hak-hak perempuan, pengembangan usaha kecil, perburuhan, pertanian, koperasi, lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan.

Pedoman Permohonan Dana

LSM yang ingin bekerjasama dengan CUSO dapat terlebih dahulu menghubungi alamat di atas.
 

Postingan terkait: