Y L K I

YLKI
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
The Indonesian Consumer Organization

Alamat/Address: Jl. Pancoran Barat VII/1, Durentiga - Jakarta Selatan 12760; Telp.: (021) 7971378, 7981858, 7981859; Fax.: (021) 7981038
E-mail: konsumen@rad.net.idContact person: Dra. Indah Suksmaningsih, MPM (Ketua Pengurus Harian)


Latar belakang dan tujuan: Berdirinya Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau dikenal dengan YLKI pada 11 Mei 1973 berawal dari kepedulian sekelompok masyarakat akan penggunaan produk-produk dalam negeri serta bagaimana melindunginya. Sedangkan tujuannya adalah memberi bimbingan dan perlindungan kepada masyarakat konsumen menuju kesejahteraan keluarga.   Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah perlindungan konsumen, di samping bidang lainnya seperti kesehatan, air bersih dan sanitasi, gender, dan hukum sebagai penunjangnya. Bidang-bidang ini dilaksanakan terutama dalam bentuk studi, penelitian, survai, pendidikan dan penerbitan, advokasi, seminar, pemberdayaan masyarakat konsumen, dan pengembangan dan pendampingan masyarakat. 
Program: Program-program yang telah dilakukan lembaga adalah advokasi, penerbitan majalah dan pemberdayaan perempuan. 
Publikasi: Menerbitkan majalah bulanan Warta Konsumen dan News Letter: Indonesian Consumers Current. 
Sumber dana: Selain dari hasil kerjasama proyek dengan berbagai pihak, lembaga ini juga banyak mendapatkan bantuan dari berbagai lembaga, antara lain Sekretariat Negara, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, USAID, dan The Ford Foundation. 
Keanggotaan dan wilayah kerja: Lembaga ini merupakan anggota Jaringan Kerja WALHI, YAPPIKA, HIV-AIDS, LM3, Consumers International, Pesticide Action Network, Health Action, Sustainable Transportation of Asia Pasific. Wilayah kerjanya berskala nasional. 
Staf: Lembaga ini memiliki 30 staf tetap, 1 staf tidak tetap, 17 orang tergolong staf profesional dan 14 orang staf administrasi.
Background and purpose: The establishment of YLKI on 11 May 1973 was incited by the concern of a group of people about the using of domestic products and how to protect consumers. The purpose of YLKI is provide education and protection for consumers in order to create prosperous families.
Fields and forms of activity: Consumer protection is the main field of activity of YLKI. Other fields like healthcare, clean water and sanitation, gender and law support them. Activities in these fields take the forms of study, research, survey, education and publication, advocacy, seminar, empowerment of consumers, and community development and facilitation.
Program: Advocacy, publication of a magazine and the empowerment of women are the programs so far implemented by YLKI.
Publication: The foundation publishes a bimonthly, Warta Konsumen, and a newsletter, Indonesian Consumers Current.
Funding sources: Aside from the funds obtained from joint projects, a great portion of YLKI’s revenues also come from various agencies like the State Secretariat, Jakarta City government, USAID, and The Ford Foundation.
Membership and working area: YLKI is a member of a number of networks like WALHI, YAPPIKA, HIV-AIDS, LM3, Consumers International, Pesticide Action Network, Health Action, and Sustainable Transportation of Asia Pacific. It operates at the national level.
Staff: Presently, YLKI is operated by 30 full-time and 1 part-time staff members, including 17 professional and 14 administration workers.

Postingan terkait: