CHRISTIAN CHILDREN'S FUND

 

CHRISTIAN CHILDREN'S FUND


Jl. Cempaka Putih Tengah I/5,
JAKARTA 10510
P.O. Box 1364
Jakarta 10013
Telp.   : (021) 424 7292
Fax.     : (021) 428 77840

 
2821 Emerywood Parkway, Richmond,
Virginia 23261 - 6484,
U.S.A.
Telp.   : (804) 756 2700
Fax.     : (804) 756 2718

Kepala perwakilan di Indonesia :
T. Tri Budiardjo


Latar Belakang, Visi dan Misi
Christian Children's Fund (CCF) adalah suatu Organisasi Sosial dan Kemanusiaan Swasta Internasional yang berkantor pusat di Richmond, Virginia, Amerika Serikat, yang mengabdikan diri untuk melayani kebutuhan anak-anak di seluruh dunia melalui program bantuan orang per orang tanpa mencari keuntungan dan tidak beraliran tertentu. 
CCF didirikan pada tahun 1938, dengan nama China Children's Fund, bertujuan membantu anak-anak kurban perang Cina-Jepang. Nama tersebut kemudian diganti menjadi Christian Children's Fund, namun tidak berarti hanya mambantu anak-anak Kristen, melainkan atas dasar cinta kasih sejati membantu anak-anak yang membutuhkan pertolongan , tanpa membeda-bedakan agama, kepercayaan, suku, ras, bangsa ataupun politik. Predikat “Kristen” semata-mata hanya historis saja, yang berarti 'kasih' atau melayani dengan penuh kasih, dan CCF tidak dikemudikan oleh gereja, melainkan otonom (independen). 
Sebagai organisasi sosial dan kemanusiaan swasta yang independen, CCF telah berkembang menjadi salah satu organisasi kesejahteraan anak terbesar di dunia, dan saat ini membantu lebih dari 500.000 anak di 30 negara di Asia, Afrika, Amerika dan Eropa Timur. Dana CCF didapatkan dari sumbangan-sumbangan melalui kantor-kantor perwakilan CCF di Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Jerman, Inggeris, Australia, Selandia Baru dan Taiwan. 
Kehadiran CCF di Indonesia diawali dengan ditandatanganinya Persetujuan Kerjasama antara Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Departemen Sosial dengan CCF pada tanggal 29 Januari 1973. Tujuan CCF di Indonesia ialah membantu anak-anak dan keluarga miskin, untuk bersama dengan Pemerintah dan masyarakat berusaha meningkatkan taraf hidup sehingga dapat mandiri dan menjadi warga negara yang berguna. 


Spesifikasi Program di Indonesia  
Dalam menjalankan program-programnya, CF membagi dalam lima jenis proyek yang berbeda sebagai berikut:
  1. Proyek masyarakat, yaitu pemberian bantuan yang sepenuhnya dikelola oleh lembaga atau kelompok masyarakat setempat. Pola diterapkan di wilayah masyarakat miskin 
  2. Proyek pelayanan sosial, yaitu kegiatan yang memberikan berbagai pelayanan yang mendorong munculnya prakarsa dan kreativitas masyarakat.
  3. Proyek pengembangan anak, yaitu pemberian pelayanan terpadu untuk mengembangkan fisik, mental dan sosial anak-anak terlantar atau terbelakang secara mental 
  4. Proyek sekolah, yakni pemberian layanan untuk perbaikan kualitas pendidikan yang telah ada. 
  5. Proyek panti, yakni pemberian pelayanan kepada anak-anak terlantar yang tinggal di panti asuhan atau asrama.

Pedoman Permohonan Dana
Lembaga atau organisasi yang berminat dapat mengajukan permohonan kerjasama, namun terlebih dahulu harus menghubungi CCF untuk mengetahui kemungkinannya.
 

Postingan terkait: