Canadian Cooperative Association

 

CCA
(Canadian Cooperative Association)



Jl. Petogogan I/16 A, Blok A
JAKARTA 12140
Telp. (021) 726 8564
Fax.  (021) 726 8565

 
275 Bank Street, Suite 400
Ottawa, Ontario, K2P 2L6,
CANADA
Telp: (613) 238 6711
Fax: (613) 567 0658

 
Kepala Perwakilan di Indonesia :
Roger Rrassell

 

Latar Belakang, Visi dan Misi

Canadian Cooperative Association (CCA) berdiri pada tahun 1987 di Kanada dengan misi untuk mempromosikan koperasi sebagai perusahaan yang demokratis dan berorientasi pada rakyat. Aktivitas CCA sendiri adalah menyelenggarakan pendidikan, mengadakan riset, mewakili sektor koperasi di lembaga pemerintah dan sektor publik. mempromosikan perkembangan koperasi Kanada ke luar negeri dan sebagainya.

Salah satu prinsip koperasi universal yang dirumuskan pada tahun 1995, adalah kerjasama antar koperasi, baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional. Dalam rangka ini CCA melaksanakan program pembangunan koperasi di kancah internasional, bekerjasama dengan mitra lokal. Alasan lain, CCA beranggapan dalam menghadapi pasar bebas mendatang penting bagi koperasi-koperasi untuk bekerjasama membentuk persekutuan strategis agar dapat bertahan dalam persaingan dan dapat lebih berkembang.

Mitra pembangunan CCA adalah perorangan, koperasi atau kegiatan tertentu. Dalam setiap perjanjian kerjasama selalu ditekankan komitmen CCA dan partner lokalnya untuk membangun hubungan baik  demi suksesnya tujuan mereka dalam mengembangkan koperasi. Sampai saat ini CCA telah bekerja dengan mitra lokal di wilayah Amerika, Asia, Afrika dan Eropa. Dalam mendefinisikan model pembangunan koperasi, CCA menekankan bahwa koperasi adalah suatu bentuk usaha dan alat pengembangan bisnis, perdagangan dan pendidikan. CCA meningkatkan pendidikan dalam hal teknik  pengelolaan koperasi dan misi-misi pertukaran. Selain itu, CCA juga memberi masukan kepada mitra kerjanya tentang pentingnya kesempatan bagi perempuan, kesempatan untuk kaum muda, gerakan pemberantasan buta huruf, AIDS dan dampak lingkungan terhadap kehidupan. CCA juga menyediakan fasilitas pengembangan sumber daya manusia dan dana untuk sejumlah besar anggota-anggota koperasi primer


Spesifikasi Program di Indonesia  

Di Indonesia CCA mengadakan Indonesia Cooperative Development Assistance Program (INCODAP), fase pertama 1998 - 1992 dan fase kedua 1994 - 1999. Program ini merupakan kemitraan antara gerakan koperasi Kanada dan gerakan koperasi Indonesia. Sasaran program berfokus pada penguatan kemampuan organisasi koperasi sekunder untuk meningkatkan koperasi primer di lima sektor strategis. Kelima mitra tersebut adalah: Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), Koperasi Asuransi Indonesia (KAI), Badan Koordinasi Koperasi Kredit Indonesia (BK3I) dan Forum Kerjasama Pengembangan Koperasi (Formasi)

Pedoman Permohonan Dana

Persyaratan agar dapat bekerjasama dengan CCA adalah menjadi anggota dari kelima mitra di atas. Lembaga atau koperasi tidak dapat mengajukan bantuan langsung ke CCA.
 

Postingan terkait: