YAPPIKA

 

YAPPIKA

Jl Pedati Raya No 20, RT 007/RW 09, JAKARTA 13350; Telp.: (021) 819 1623;
Fax.  (021) 850 0670, (021) 8590 5262; Email: yappika@indosat.net.idWebsite: www.yappika.org
Kepala :  Drs. Rustam Ibrahim
 

Latar Belakang, Visi dan Misi
YAPPIKA atau Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat Indonesia adalah sebuah aliansi LSM untuk masyarakat sipil dan demokrasi. Lembaga ini mempunyai visi terwujudnya masyarakat  yang bebas, adil dan setara.Yappika muncul sebagai kelanjutan dari Kelompok Kerja Indonesia dalam Indonesia - Canada Forum/ Yayasan Persahabatan Indonesia - Kanada (ICF/YAPIKA), yang bersinergi dan berkembang sebagai organisasi sepenuhnya. Saat ini anggota Yappika terdiri dari 10 LSM, namun keanggotaan ini terbuka untuk organisasi lain yang independen dan pro demokrasi dan tidak berafiliasi pada partai politik, institusi pemerintah dan militer.

Misi Yappika adalah pemberdayaan masyarakat sipil melalui LSM dengan melakukan pendidikan dan penegakan hak asasi manusia, etnis, ras, maupun jenis kelamin. Misi ini dicapai dengan memberikan dana, training, bantuan teknis, serta pembentukan jaringan LSM.
 

Spesifikasi Program di Indonesia  

Pada saat ini Yappika mendukung berbagai program, antara lain pengelolaan sumberdaya dan berbasis masyarakat, termasuk di dalamnya konservasi keragaman hayati dan ekowisata; pendidikan untuk pemberdayaan masyarakat, termasuk di dalamnya analisa sosial, hak asasi manusia, kesetaraan gender, serta participatory rural appraisal (PRA); dialog dan advokasi kebijakan, terutama yang muncul dari penelitian atau lokakarya aktor-aktor pembangunan; dan penguatan LSM dan jaringannya, melalui pelatihan manajemen dan keterampilan teknis, serta pertukaran gagasan dan informasi.


Pedoman Permohonan Dana

Yappika dapat menerima permohonan dana dari lembaga-lembaga yang berminat dan memiliki kesamaan program. Terdapat berbagai persyarakatan teknis yang lebih dahulu perlu ditanyakan ke alamat di atas.
 

Postingan terkait: