HUMANIKA

HUMANIKA
Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan
Alamat/Address: Jl. Poncol Jaya No. 8, Kapten Tendean, Jakarta Selatan 12710; Telp.: (021) 5263883; Fax.: (021) 5200466
Email: humanika@link.net.idContact person: Bursah Zarnubi (Koordinator Presidium)


Latar belakang dan tujuan: HUMANIKA dibentuk pada 30 Juli 1990, awalnya adalah kelompok diskusi mantan aktivis organisasi kemahasiswaan di Jakarta. Pemikiran yang melandasi berdirinya lembaga ini ialah adanya kenyataan yang memperlihatkan bahwa pembangunan nasional di masa Orde Baru menimbulkan ekses-ekses negatif, baik di bidang sosial, politik, hukum, ekonomi maupun budaya. Untuk itu HUMANIKA didirikan dengan tujuan untuk membangun sikap kritis dan menggugah komitmen masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang bermartabat, berkeadilan sosial, demokratis, sejahtera lahir batin serta terbebas dari segala bentuk penjajahan baik sosial, politik, hukum dan lain-lain.  Bidang dan bentuk kegiatan: Sejalan dengan latar belakang dan tujuannya, lembaga ini berkonsentrasi dalam bidang kegiatan demokrasi. Juga berkiprah di bidang lain sebagai penunjang, yakni hukum, lingkungan hidup, dan hak asasi manusia. Sedangkan bentuk-bentuk kegiatan yang utama adalah advokasi, seminar, diskusi dan lokakarya. Sementara bentuk-bentuk kegiatan penelitian, studi atau survai, pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan dan pendampingan masyarakat juga dilakukan sebagai bentuk kegiatan penunjang. 
Publikasi: Menerbitkan News Letter Suara Humanika. 
Sumber dana: Lembaga ini mengandalkan sumbangan anggota dan hasil pendapatan kerja sama proyek dengan pihak lain sebagai sumber-sumber pendanaan kegiatannya. 
Keanggotaan dan wilayah kerja: Tidak tersedia informasi keanggotaan dan wilayah kerja lembaga ini. 
Staf: Lembaga ini digerakkan oleh 2 orang staf tetap dan 6 orang staf tidak tetap. Di antaranya 2 orang yang berfungsi sebagai staf profesional dan administrasi
Background and purpose: HUMANIKA was founded on 30 July 1990, and was previously a discussion group of former student activists from Jakarta’s universities. The reason behind the formation of the association was the fact that national development in the New Order era had negative excesses in the social, political, legal, economic and cultural life. Accordingly, HUMANIKA was established for developing critical attitudes, and for encouraging people’s commitment to create a society which has dignity; upholds social justice and democracy; and is prosperous materially and spiritually, and is free of any form of oppression, socially, politically, legally and so on.
Area and form of activities: In line with its background and purposes, HUMANIKA concentrates on the field of democracy. But, it is also involved in other fields like law, environment, and human rights. Meanwhile, the main activities in these fields take the forms of advocacy, seminar, discussion and workshop. The supporting activities include study, and survey, education and training, and community development and facilitation.
Publication: HUMANIKA publishes Suara Humanika newsletter.
Funding sources: The organization relies on the contributions from its members, and the remuneration of projects it carries out with other parties.
Membership and working area: Information about HUMANIKA’s membership and area of operation is not available.
Staff: 2 full-time and 6 part-time staff members operate the organization. They include 2 professional and 2 administration workers.

Postingan terkait: