OXFAM GREAT BRITAIN

 

OXFAM GREAT BRITAIN

Jl. Suhartono No 2, Kotabaru, YOGYAKARTA 55224; Telp.  : (0274) 586290;
Fax.    : (0274) 546743; Email: oxfam-ids@oxfam.or.id ; Website: www.oxfam.org.uk
Alamat Pusat: Oxfam Great Britain, 274 Banbury Road, Oxford OX2 7DZ
UNITED KINGDOM;
Kepala perwakilan di Indonesia : Rizal Malik
 


Latar Belakang, Visi dan Misi

Oxfam Great Britain adalah lembaga swasta  penyedia dana dari Inggeris. Lembaga ini berawal dari gerakan amal skala kecil untuk membantu orang yang kelaparan dengan nama Komite Oxford untuk Bantuan Kelaparan. Pada tahun 1942, selama Perang Dunia II, Yunani diduduki oleh NAZI. Sekutu melakukan blokade, sehingga rakyat kekurangan makanan, obat-obatan dan akibatnya banyak orang yang mati di jalanan. Komite itu mendapatkan sumbangan untuk membantu Yunani pada tahun 1943. Namun setelah perang berakhir, Oxfam memutuskan untuk tetap membantu penderitaan akibat perang -- atau karena sebab lain -- dan mulai membuka toko amalnya yang pertama di Broad Street, Oxford.

Tahun 1960 dana amal Oxfam semakin bertambah, orientasi kerjanya pun berubah. Sumbangan lembaga ini mulai diarahkan pada masyarakat miskin di negara dunia ketiga. Selama kelaparan di Bihar, India (1966-1967) Oxfam mengirim beberapa sukarelawan, dan mulai menolong masyarakatnya agar mandiri, dapat memperbaiki  sistem pengairan, pertanian dan kesehatan mereka.

Pada tahun 1970 jaringan bisnis toko Oxfam berkembang pesat dan menjadi salah satu sumber dana utama bagi lembaga amalnya. Di kemudian hari, berdirilah lembaga-lembaga Oxfam di Amerika Serikat, Canada, Quebec, Australia, Belgia, Hong Kong, Irlandia dan Inggeris yang masing-masing berdiri sendiri tetapi diikat dengan jaringan Oxfam internasional.

Visi dan misi Oxfam adalah mengusahakan masyarakat yang terbebas dari kemiskinan, kesusahan dan penderitaan dengan cara membantu mengatasinya. Oxfam memimpikan agar seluruh masyarakat mendapatkan makanan yang cukup, tempat tinggal, prasarana bagi kelangsungan hidup, memperoleh pendidikan dasar dan perawatan kesehatan, penghargaan atas hak asasi manusia, bebas menjalankan agama, menemukan cita-cita mereka sendiri dan bebas dari konflik militer.


Spesifikasi Program di Indonesia 
  
Di Indonesia Oxfam Great Britain mempunyai beberapa program kerja, antara lain:
 
1. Mengembangkan hak dasar perekonomian masyarakat termasuk akses dan kontrolnya terhadap sumber daya alam di Flores, Maluku, Timor dan Sumba
2. Pengenalan dan pengembangan pertanian organik khususnya di Jawa
3. Program perempuan, dengan melakukan program 'engendering' yang difokuskan pada organisasi dan program-program mitra Oxfam
4. Mendukung pengembangan dan peningkatan kemampuan serta integritas LSM di Indonesia
5. Membantu produsen yang marginal untuk mendapatkan akses dalam perdagangan yang adil

Pedoman Permohonan Dana

Lembaga-lembaga yang berminat untuk bekerjasama dapat mengajukan usulan program ke alamat di atas. Apabila terdapat kesesuaian dengan rencana strategis Oxfam, maka usulan akan dinilai dan dipertimbangkan.
 

Postingan terkait: