MERCY CORPS INTERNATIONAL


Jl. Ampera Raya, 4A, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Telp. : (021) 782 8611;
Fax.   : (021) 782 8610;
E-mail : mci@indo.net.id
Kepala Perwakilan di Indonesia: Tom Hensleigh
 

Latar Belakang, Visi dan Misi
Mercy Corps International (MCI) adalah sebuah organisasi nirlaba, non-pemerintah yang bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat marjinal melalui program pengembangan menuju masyarakat yang aman, produktif dan adil. MCI adalah sebuah organisasi internasional yang berkomitmen untuk meringankan penderitaan masyarakat miskin sekaligus memberikan solusi terbaik dalam mengatasi masalah sosial tersebut. MCI membutuhkan mitra yang dapat mengembangkan pelayanan kepada masyarakat rentan dan marjinal. Masyarakat rentan yang dimaksud di antaranya adalah rumah tangga yang memiliki pendapatan di bawah upah minimum, kepala keluarga perempuan, balita dan lanjut usia.
Sejak 1979, organisasi ini telah bekerja di lebih dari 68 negara. Untuk meringankan beban penderitaan masyarakat miskin, pada tahun 1999 organisasi ini menyediakan makanan, perumahan, pelayanan kesehatan dan program pengembangan ekonomi bagi lebih dari 3 juta orang dari 24 negara, serta mengirimkan bantuan kemanusiaan dalam bentuk makanan dan barang-barang untuk 8 negara lainnya.



Spesifikasi Program di Indonesia  
MCI memulai kegiatannya di Indonesia sejak Pebruari 1999. Sejak Oktober 1999, MCI memulai program penyaluran bantuan dana hibah yang didanai oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat. Dana hibah tersebut disalurkan untuk membiayai program-program peningkatan kondisi perekonomian masyarakat marjinal serta program peningkatan status kesehatan bagi masyarakat. MCI juga mendukung pembiayaan program peningkatan kapasitas lembaga-lembaga swadaya masyarakat.
Hingga tahun 2002, MCI memfokuskan wilayah kerjanya pada daerah marjinal di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat. MCI mendukung berbagai program yang sesuai dengan misi dan tujuan lembaga ini, antara lain sebagai berikut:

1.   Ekonomi Rakyat

Yakni program-program pengembangan kredit dan pelatihan untuk peningkatan ketrampilan wirausaha masyarakat dalam rangka mendukung usaha penciptaan lapangan pekerjaan. MCI juga mendukung pengembangan program pertanian dan agribisnis, serta peningkatan fasilitas infrastruktur yang mendorong terjadinya peningkatan ekonomi, misalnya proyek irigasi dan jalan.
 
2.   Kesehatan dan Pendidikan
Yaitu program-program penyebarluasan informasi kesehatan kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan gizi dan pola hidup sehat, pemanfaatan sarana-sarana kesehatan yang ada (posyandu dan puskesmas) serta peningkatan kondisi lingkungan, sanitasi dan kesehatan masyarakat.
 
3.   Pengembangan Kapasitas Kelembagaan
Program ini bertujuan untuk membantu LSM dalam mengidentifikasi kebutuhan dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan. Hasil yang ingin dicapai adalah kemampuan dalam menyusun rencana kegiatan yang efektif, efisien dan berkelanjutan. Contohnya program ini adalah program pelatihan manajemen keuangan, pelatihan dalam menggunakan teknik partisipatif dalam mengidentifikasi kebutuhan, pelatihan untuk mengembangkan sistem dan prosedur pelaksanaan program kredit dan pelatihan pencarian dana (fund raising).

Pedoman Permohonan Dana
Lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang berminat dapat mengajukan permohonan bantuan dana dengan membuat proposal proyek sesuai dengan format yang telah disediakan MCI. Setiap proposal harus mencantumkan latar belakang organisasi, pengalaman, dan uraian kegiatan dengan staff pendukungnya, rincian anggaran serta hasil yang diharapkan.
 

Postingan terkait: