FRIEDRICH EBERT STIFTUNG

Jl. Kemang Selatan 9 No. 1A-1B

JAKARTA 12730
Tel: (021) 717 926 36
Fax: (021) 718 3714

Godesberger Allee 149,

Bonn 53170, Germany
Telp. : (049-0228)  883509
 Fax.  : (049-0228) 883575

Kepala Perwakilan di Indonesia:

Dr. Hans J. Esderts

 

Latar Belakang, Visi dan Misi

Friedrich Ebert-Stiftung (FES) adalah lembaga pendidikan swasta nirlaba yang berorientasi pada konsep dan nilai-nilai dasar sosialisme demokrat serta pada gerakan perburuhan. Yayasan ini berdiri pada tahun 1925 di Jerman, dengan mengabadikan nama Friedrich Ebert, yakni presiden pertama Republik Jerman yang memerintah dari tahun 1919 hingga 1925.
FES bekerja dengan motto yang berasal dari pidato Friedrich Ebert pada tahun 1919 :
 
“Kebebasan dan keadilan tidak dapat dipisahkan. Kebebasan hanya dapat berkembang dalam sistem pemerintahan yang stabil. Tugas pertama bagi mereka yang menghargai kebebasan adalah dengan melindunginya, dan bilamana ada pelanggaran, mengembalikannya.”
 
Dengan dasar demikian, FES ingin mendorong tumbuhnya masyarakat  yang demokratis, sosialistis dan pluralis di seluruh dunia. Dalam rangka itu, FES menyelenggarakan berbagai program terutama melalui pendidikan, penelitian, seni  budaya  dan kerjasama internasional. Fokus utama kegiatan FES di bidang sosial politik adalah kerjasama dengan organisasi perserikatan buruh. Sementara untuk bidang ekonomi adalah dengan membantu perkembangan usaha kecil dan menengah. 
Pada tahun 1997, FES mempunyai perwakilan di 74 negara, dan aktif membantu berbagai kegiatan di 100 negara di seluruh dunia, terutama untuk membantu membangun dan mempromosikan demokrasi. Dalam upaya mengembangkan industri kecil dan menengah, FES memberi bantuan modal dan pelatihan, dengan maksud memperkuat kemandirian mereka.


Spesifikasi Program di Indonesia  
Di Indonesia FES sudah aktif lebih dari 30 tahun. Perhatian utamanya  adalah  pada bidang ketenagakerjaan, antara lain mengupayakan peningkatan kemampuan bernegosiasi untuk kepentingan pekerja sendiri dengan memberikan pelatihan. Dengan kemampuan yang cukup, disertai dengan pemahaman yang memadai mengenai bidang kerja masing-masing, diharapkan buruh akan lebih mampu berbicara dalam forum-forum tripartit maupun dalam penyusunan Kesepakatan Kerja Bersama (KKB).
Pada masa lalu FES bekerjasama dengan serikat pekerja, berbagai LSM dan Departemen Tenaga Kerja RI. Namun sehubungan dengan proses reformasi terbentuklah bidang tugas baru bagi FES, sehingga perlu diadakan suatu penyesuaian dalam program dan lembaga-lembaga mitranya.

Pedoman Permohonan Dana
Lembaga resmi, atau yang berbadan hukum, yang mempunyai tujuan sama dapat mengajukan bantuan kegiatan kepada FES. Penjelasan lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi alamat di atas.

Postingan terkait: