KONRAD ADENAUER STIFTUNG


Jl. Metro Alam IV, Blok PL 22 No. 26, Pondok Indah, JAKARTA;
Telp.: (021)  759-01418; Fax: (021) 765-3288; Email: kasindo@link.net.id
Rathausalle 12, D-53757 Sankt Augustin, GERMANY;
Telp. (49-2241) 246-573 ; Fax. (49-2241) 246-508
Kepala perwakilan di Indonesia : Dr. habil. Klaus Paehler
 

Latar Belakang, Visi dan Misi
Konrad Adenauer Stiftung (KAS) mengabadikan nama Konrad Adenauer, kanselir Jerman (Barat) pertama, yang merasa prihatin melihat Jerman yang terbelah dua seusai Perang Dunia II. Adenauer berkeinginan untuk melihat Jerman yang merdeka dan bersatu dalam wilayah Eropa yang merdeka pula. Ia berpendapat, hanya Eropa bersatu yang dapat menjadi mitra Amerika Serikat untuk mengambil peranan dalam mengamankan politik dunia.
Pandangan negarawan Jerman ini pula yang menjadi visi  KAS yang mempunyai semboyan: Untuk Kemerdekaan, Demokrasi dan Keadilan. Sekarang setelah  reunifikasi, Jerman menghadapi tatangan global yang jauh berbeda. Tugas yang dihadapi dalam politik internasional juga berbeda, yaitu memelihara kedamaian dan kemerdekaan, memperkuat konstitusi demokrasi, memerangi kemiskinan serta memelihara sumber-sumber alam demi generasi mendatang.
Lebih dari 30 tahun KAS bekerjasama dengan mitranya di beberapa negara di dunia. Tujuan dari kerja internasional lembaga ini adalah mendorong demokrasi dan pembangunan, mempromosikan saling pengertian antarnegara dan batas budaya, membantu kemandirian dan memerangi akar penyebab kemiskinan dan kerusakan lingkungan. Pada awalnya, kebijakan kerja KAS lebih terfokus pada pengembangan hubungan politik antarkelompok di dalam negeri Jerman. Namun pada pertengahan tahun 1960-an program ditekankan bagi pembinaan masyarakat dan kerjasama internasional, media serta usaha kecil dan menengah. Sementara sejak tahun 1980-an program difokuskan pada pembinaan organisasi perempuan dan lingkungan.


Spesifikasi Program di Indonesia  
Aktivitas KAS di Indonesia berkisar pada dua bidang pokok, yaitu:
  1. Dialog politik untuk memperkuat demokrasi dan kelembagaan politik yang efektif. Termasuk di dalam kerangka ini adalah penyelenggaraan seminar, lokakarya, penelitian serta usaha pemberdayaan Dewan Perwakilan Rakyat.

  2. Penguatan ekonomi rakyat dan usaha kecil dan menengah. Dalam bidang ini KAS lebih banyak memberi perhatian kepada wilayah Indonesia Timur, bekerjasama dengan sejumlah LSM dan perguruan tinggi.

Pedoman Permohonan Dana
Lembaga-lembaga yang berminat untuk melakukan akvifitas tersebut di atas dapat berkonsultasi dengan KAS untuk kemungkinan mendapatkan dukungan dana.
 

Postingan terkait: