Bina Sarana Bakti

BSB
Bina Sarana Bakti
Bina Sarana Bakti Foundation
Alamat/Address: Jl. Gandamanah 74, P.O. BOX 32, Cisarua, Bogor 16750, Jawa Barat; Telp.: (0251) 254531; Fax.: (0251) 253334;
Contact person
: Agatho Elsener (Direktur)


Latar belakang dan tujuan: Lembaga yang dibentuk pada 7 Mei 1984 ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sistem pertanian secara konvensional yang dilakukan oleh petani selama ini mengakibatkan kerusakan pada alam. Oleh karena itu lembaga ini memiliki tujuan berupaya mencari penyelesaiannya dengan cara menumbuhkan sikap organis pada para petani, yakni sikap yang tidak merusak dan menghancurkan alam. Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah pertanian, yang ditunjang lingkungan hidup. Selanjutnya kegiatan-kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan: pendidikan dan pelatihan, dan dokumentasi. 
Program: Program yang pernah dilakukan lembaga ini antara lain mengembangkan pertanian organis, membuat demplot untuk penelitian, melatih petani serta memberikan konsultasi pertanian. 
Sumber dana: Untuk melakukan kegiatannya lembaga ini mengandalkan dana dari sumbangan anggota. 
Keanggotaan dan wilayah kerja: Tidak ada informasi tersedia. 
Staf: Lembaga ini memiliki staf 40 orang, di antaranya 32 orang berstatus staf tetap dan 8 orang staf tidak tetap. Dari jumlah tersebut 2 orang sebagai staf profesional, sementara staf administrasinya berjumlah 3 orang.
Background and purpose: BSB was founded on 7 May 1984 in response to environment damages caused by the farmers who used conventional farming systems. Accordingly, the foundation aims to find new ways of preventing such damages from reoccurring by developing organic attitudes among farmers which do not damage and destroy the nature.  Area and form of activities: Agriculture is the main activity sector of BSB, while environment is the supporting sector. Further, those activities are materialized in the form of education and training, and documentation. 
Program: The programs which have been implemented by BSB include the development of organic farming, the establishment of research centers, the training of farmers, and the provision of counseling on farming. 
Funding sources: In carrying out its activities, BSB relies on funds derived from membership dues. 
Membership and working area: Information about its membership and area of operation is not available. 
Staff: BSB has 40 staff members, who are comprised of 32 full-timers and 8 part-timers. Of them, 2 are professional staff members and 3 are administration workers.

Postingan terkait: