Yayasan Pengembangan Masyarakat Pedesaan

YPMP
Yayasan Pengembangan Masyarakat Pedesaan
Alamat/Address: Jl. Raya Leuwigoong, Kp. Babakan Tagog, Desa Leuwigoong, Garut 44192, Jawa Barat; Telp: (0262) 467 236,
Contact person: Undang Sirojudin, Spd
Kantor Cabang/Branch office: Jl. Prambanan Raya No. 118, Ruko Perum III, Tangerang 11153, Jawa Barat; Telp.: (021) 591 6411

Latar belakang dan tujuan: YPMP dibentuk pada tanggal 4 September 1998, merupakan lembaga nirlaba dan non politik yang berdirinya dilatarbelakangi oleh sebuah keresahan yang dirasakan para penggagasnya. Keresahan itu antara lain meningkatnya jumlah penduduk secara pesat di pedesaan yang tidak sebanding dengan tingkat pelayanan berbagai kebutuhan masyarakat --berupa kesehatan, sanitasi lingkungan, pen­didikan, dan lapangan pekerjaan-- yang disediakan pe­merintah. Oleh karena itu YPMP berupaya untuk menjembatani antara pemerintah dengan kepentingan/aspirasi masyarakat dengan cara menggali dan memberdayakan potensi sumberdaya yang tersedia. Tujuannya adalah membantu pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang mandiri, cerdas, beriman dan tangguh dalam menghadapi tuntutan zaman.
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah pertanian, peternakan, usaha kecil dan perkoperasian, sektor informal, kesehatan, air bersih dan sanitasi, serta pembangunan fisik masyarakat desa. Sementara lingkungan hidup, wanita dalam pembangunan dan kajian agama merupakan bidang kegiatan penunjang. Selanjutnya bentuk-bentuk kegiatannya terutama adalah studi, penelitian, survai, pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan pendampingan masyarakat dan advokasi. Sedangkan penyelenggaraan seminar, diskusi, lokakarya dan perkreditan merupakan wujud dari kegiatan penunjang.
Program: Di tahun berdirinya lembaga ini melaksanakan Program Pemulihan Keberdayaan Masyarakat (PKM).
Sumber dana: Lembaga ini dibantu oleh banyak pihak, di antaranya hibah dari CRP-UNDP dan para donatur individual. Selain itu juga pendapatan dari hasil kerjasama proyek dengan pihak lain.
Keanggotaan dan wilayah kerja: Tidak tersedia informasi keanggotaan lembaga ini. Sedangkan wilayah kerja lembaga ini menjangkau Kabupaten Garut dan sekitar Jawa Barat.
Staf: Yayasan ini digerakkan oleh 16 orang, 6 di antaranya pekerja tetap, 3 pekerja tidak tetap, sementara 3 orang berkategori staf profesional dan 2 orang lainnya sebagai staf administrasi.

Background and purpose: YPMP was founded on 4 September 1998, as a non-profit and non-political organization. Its inception was motivated by the worries of its initiators. Their worries included the drastic increase in the population in rural areas, which is not proportional to the quantity and quality of public services  healthcare, environment sanitation, education and job opportunities  made available by the government. Accordingly, YPMP endeavors to bridge the gap between the government and the interests and aspirations of the people by digging out and empowering existing resources. This aims at helping the government to create a self-reliant, intelligent, faithful and sturdy society so that it can face the challenges of the times.
Area and form of activities: YPMP’s main fields of activity are agriculture, animal husbandry, small enterprises and cooperatives, informal sector, healthcare, clean water and sanitation, and the physical development of the village community. Meanwhile, environment, women in development, and religious studies are its supporting fields of activity. Further, the activities take the form of study, survey, education and training, community development and facilitation, and advocacy. Meanwhile, seminars, discussions, workshops and credit provision are the form of the foundation’s supporting activities.
Program: Since its inception, YPMP has carried out the Program of the Rehabilitation of Community Endeavors.
Funding sources: In carrying out its activities, YPMP is supported by many parties including grant providers like CRP-UNDP. Its activities are also financed with funds generated from the projects the foundation carries out together with other parties, and from individual donors.
Membership and working area: Information about the foundation’s area of operation is not available. Meanwhile, its area of operation covers the regency of Garut and other areas in West Java.
Staff: The foundation is run by 16 people, including 6 full-time and 3 part-time staff members, 3 professional and 2 administrative workers.
  

Postingan terkait: