KEDUTAAN BESAR JEPANG


Jl. M.H. Thamrin No 24, JAKARTA 10350 ; Telp. : (021) 324308; Fax.   : (021) 325460 
Kepala Perwakilan di Indonesia: Duta Besar Jepang
 

Latar Belakang, Visi dan Misi
Pemerintah Jepang menawarkan program bantuan finansial untuk proyek pembangunan yang dikenal sebagai “Bantuan Dana untuk Proyek Masyarakat Bawah” (Grant Assistance for Grassroots Projects, atau  GGP). Program bantuan ini disediakan bagi proyek-proyek pembangunan di tingkat bawah untuk mendorong masyarakat di negara-negara berkembang agar dapat memenuhi  kebutuhannya. Lembaga penerima bantuan adalah LSM atau pemerintah daerah yang berwenang.  Program GGP ini  mempunyai reputasi yang baik, sebab menyediakan dukungan dana yang fleksibel dan tepat waktu. Program ini memberikan makna baru terhadap bantuan luar negeri pemerintah Jepang, sebab dengan cara ini masyarakat bawah dapat secara langsung merasakan bantuan itu. Paket-paket bantuan ini tidak akan melebihi 100 ribu dolar AS.


Spesifikasi Program di Indonesia  
Program GGP menyediakan bantuan berupa hibah yang dapat diberikan kepada LSM, sekolah dasar, rumah sakit, lembaga penelitian, atau organisasi non-profit lainnya. Sektor-sektor kegiatan yang dapat dibantu mencakup pendidikan dasar, pengentasan kemiskinan, kesehatan, lingkungan hidup, dan peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan. Contoh-contoh spesifik bantuan yang dapat diberikan misalnya pengadaan perlengkapan untuk sekolah dasar, perlengkapan rumah sakit, atau penyelenggaraan latihan untuk orang cacat.

Pedoman Permohonan Dana
Pihak-pihak yang berminat dapat mengajukan permohonan ke alamat tersebut di atas, disertai penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tentang organisasi yang bertanggung jawab. Terdapat beberapa persyaratan spesifik yang perlu lebih dahulu ditanyakan.

Postingan terkait: