PROJECT CONCERN INTERNATIONAL/INDONESIA

PROJECT CONCERN INTERNATIONAL/INDONESIA

Jl. Tirtayasa Raya No. 51, Kebayoran Baru, JAKARTA 12160; Telp.:  (021) 722 1136;
(021) 724 8049, (021) 739 9708; Fax.   (021) 722 1136; E-mail : pcijkt@rad.net.id
Alamat Pusat : 3550 Afton Road, San Diego, California 92123, United State of America
Telp. (619) 279 9690; Fax.   (619) 694 0294; E-mail : postmaster@projcon.cts.com
Kepala perwakilan di Indonesia : Carol Carp
 

Latar Belakang, Visi dan Misi
Project Concern International (PCI) dibentuk pada tahun 1961 oleh Dr. James Turpin, dokter praktek di San Diego, California, USA. Pada awalnya, kegiatan PCI adalah menyiapkan perawatan kesehatan bagi orang-orang yang tidak mampu di negara-negara berkembang. Kemudian titik sentral aktifitas PCI kemudian berpindah dari pengobatan untuk penyembuhan menjadi perawatan kesehatan dengan penekanan pada pencegahan kematian. PCI merupakan sebuah lembaga Amerika Serikat yang merupakan organisasi swasta non-profit yang membantu program kesehatan masyarakat tanpa memandang ras, agama, gender, gaya hidup dan status sosial. 
PCI memiliki misi untuk membantu masyarakat menangani masalah kesehatan secara mandiri. Secara khusus PCI mengembangkan program inovatif kesehatan ibu dan anak serta penanggulangan penyakit menular di daerah tertantu, termasuk AIDS/HIV.
PCI, yang aktif di sejumlah negara, menerima bantuan  secara sukarela dari berbagai kelompok, baik individu,  lembaga swasta maupun lembaga pemerintah. Namun demikian PCI tidak berafiliasi dengan mereka. Aktivitas PCI dikendalikan oleh sekelompok pimpinan dan panduannya disiapkan oleh Komite Penasehat Kesehatan.


Spesifikasi Program di Indonesia  
PCI yang telah aktif di Indonesia sejak tahun 1972 memiliki program kerja di sejumlah propinsi. Program yang ditangani antara lain adalah masalah kelangsungan hidup anak, yang meliputi pelatihan bidan, dukun bayi, imunisasi, kesehatan reproduksi serta penguatan lembaga pelayanan kesehatan. PCI juga memiliki program penanggulangan HIV/AIDS/PMS.

Pedoman Kerjasama
PCI dapat melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga lokal yang mau mengirimkan profil lembaganya, yang kemudian akan dipilih sendiri.
 

Postingan terkait: