HANNS SEIDEL STIFTUNG


Menara Cakrawala, Skyline Building 9th Fl, Jl. M.H. Thamrin 9, JAKARTA 10340;
Telp. : (021) 390 2369; Fax.   : (021) 390 2381; Email: hsfindo@attglobal.net
Kepala Perwakilan di Indonesia : Christian J. Hegemer
 

Latar Belakang, Visi dan Misi
Hanns Seidel Stiftung (HSS) adalah organisasi nirlaba Jerman yang berpusat di Munich. Yayasan ini didirikan pada tahun 1967 dan hampir 100% didanai oleh negara. HSS dengan “ Badan Kerjasama dan Hubungan Internasional”-nya terdapat lebih kurang di 70 negara di seluruh dunia.
Secara tradisional, HSS melaksanakan berbagai proyek bantuan dalam bidang-bidang seperti administrasi publik, pendidikan profesi, serta berbagai aspek manajemen dalam bidang ekonomi dan politik.  Di Indonesia, HSS tertarik untuk mengembangkan demokrasi, tetapi melalui cara yang tidak langsung.  Dalam hal ini HSS menggunakan masalah lingkungan hidup sebagai sebuah pendekatan.  Dasar pemikirannya adalah karena lingkungan hidup merupakan salah satu kepentingan rakyat, maka mereka akan membelanya jika terjadi sesuatu yang salah dalam lingkungan mereka.  Tetapi mereka harus melakukannya dengan cara demokratis.
Dengan mengembangkan kesadaran rakyat terhadap pentingnya lingkungan hidup, mereka diharapkan dapat mengajukan kritik atau saran kepada pihak-pihak yang terkait mengenai masalah itu.  Dengan demikian pula masyarakat dapat mempraktekkan demokrasi secara nyata.


Spesifikasi Program di Indonesia  
Dalam melakukan program-program perlindungan lingkungan hidup, HSS telah bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak tahun 1993, yang merupakan awal kegiatannya di Indonesia. Sekarang sudah semakin banyak instansi dan organisasi yang bekerjasama dengan HSS. Di antara proyek-proyek penting yang dikerjakan oleh HSS adalah upaya pelestarian Danau Toba melalui pendidikan kesadaran lingkungan. HSS juga memberikan konsultasi teknis bagi industri-industri yang membahayakan lingkungan di Batam. HSS juga memberikan konsultasi dalam penyusunan data base mengenai kualitas air dan limbah air untuk diberikan kepada instansi yang berkepentingan. Di Jawa Timur HSS terlibat dalam pendidikan lanjutan bagi para ahli PPLH. Sedangkan di Jawa Barat, HSS memberikan pendidikan bagi para pemandu wisata di Taman Nasional Gunung Gede dan Pangrango.
Pedoman Permohonan Dana
HSS dapat memberikan bantuan dana atau teknis kepada lembaga-lembaga yang bergerak di bidang lingkungan. Bantuan dana yang diberikan menggunakan sistem cost-sharing. Mereka dapat menghubungi alamat di atas.
 

Postingan terkait: