Yayasan Pagar Alam Semesta

PASE          
Yayasan Pagar Alam Semesta             
Alamat/Address: Jalan Sultan Salahuddin No.30, Bitai, Banda Aceh 23235; Daerah Istimewa Aceh;
Contact person: Kharirul Azmi (Direktur Eksekutif)  
Kantor Cabang/Branch office: Jalan Nyak Johan No.5 Kota Mini, Beureunuen, Pidie 24173, Daerah Istimewa Aceh; 
Telp
.: (0653) 821742  

Latar belakang dan tujuan: Proses kelahiran Yayasan Pase tidak terlepas dari suatu kebutuhan akan adanya suatu wadah yang memiliki kepedulian pada masalah lingkungan hidup, keprihatinan yang muncul akibat dampak pembangunan selama ini yang ternyata merusak lingkungan. Yayasan yang dibangun secara resmi pada 18 September 1995 ini mempunyai beberapa tujuan. Di antaranya: meningkatkan sumber daya manusia dalam pelestarian lingkungan, meningkatkan upaya peme­liharaan dan penyelamatan lingkungan dalam rangka melak­sanakan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan upaya pembinaan masyarakat dalam rangka peningkatan dan pengembangan sosial ekonomi.
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah lingkungan hidup dan hak asasi manusia, yang didukung pula oleh berbagai kegiatan penunjang seperti demokrasi, kelautan dan perikanan, serta hutan kemasyara­katan. Kesemuanya diwujudkan dalam bentuk-bentuk kegiatan seperti: studi, penelitian, survai, pendidikan dan pelatihan, pengembangan atau pendampingan masyarakat, advokasi, seminar, diskusi, lokakarya, penerbitan dan publikasi, serta perkreditan.
Program: Program-program yang pernah dilakukan lembaga ini antara lain dialog kebijakan pembangunan daerah, lokakarya lingkungan hidup, dialog kebijakan lingkungan hidup, dan studi bina desa hutan.
Sumber dana: Di samping iuran dan sumbangan anggota, lembaga ini juga memperoleh subsidi dari pemerintah (Pemda Daerah Istimewa Aceh), hibah dari lembaga-lembaga internasional (SCF-USAID dan YPSI-USAID) dan bantuan badan-badan dalam negeri non pemerintah (PT Beakindo Jakarta dan PT Ayamaru Bogor).
Keanggotaan dan wilayah kerja: Di tingkat regional Forum LSM Daerah Istimewa Aceh dan Walhi Forum Aceh. Sementara untuk tingkat nasional, masuk dalam WALHI. Wilayah kerjanya adalah Propinsi Daerah Istimewa Aceh.
Staf: Lembaga ini dikelola oleh 4 orang staf tetap dan 5 orang staf tidak tetap. Dari pekerja yang ada tercatat 4 orang staf profesional dan 1 orang staf administrasi.  
Background and purpose: Founded officially on September 18, 1995 this foundation has several purposes, such as, improving human resources in preserving the environment, increasing the efforts of conserving and rescuing the environment in the framework of implementing a sustainable development and improving the efforts of community empowerment in developing social and economic sectors. This foundation was formed based on the need of a means which care about the environment, growing concern over the impact of development that has damaged the environment.
Area and form of activities: Environment and human rights are the main activities of this foundation. Those two activities are supported by democracy, marine and fishery as well as community forest. All the activities are in the form of studies, researches, surveys, education and training, community development and assistance, advocacy, seminar, discussion, workshop, publication as well as credit services.
Program: The programs this foundation has ever done are, among others, dialogue on the regional development policy, environment workshop, dialogue on the environmental policy and forest village empowerment studies.
Funding sources: Membership fee and donations from members, government subsidies (Government of Aceh province), grants from international institutions (SCF  USAID and YPSI-USAID) and financial help from domestic non-governmental agencies (PT Beakindo Jakarta and PT Ayamaru Bogor) are the sources of fund of this institution.
Membership and working area: This foundation is under the supervision of NGOs Forum of Aceh province and WALHI Forum of Aceh. At national level, it joins WALHI. This foundation works in the areas of Aceh province.
Staff: This foundation is managed by 4 full-time and 5 part-time staffs. From them there are 4 professionals and 4 administrative staffs

Postingan terkait: