YAYASAN MAULANA

YAYASAN MAULANA  
Alamat/Address: Pegayaman, Sukasada, PO. Box 119, Singaraja 81101, Bali
Contact person
: Ketut Raji Jayadi (Ketua Badan Pendiri)  

Latar belakang dan tujuan: Lembaga ini didirikan karena dilatarbelakangi oleh kesadaran untuk membela nasib kaum dhu’afa dengan jalan meningkatkan harkat dan martabat mereka melalui pendidikan. Langkah awal lembaga ini terkonsentrasi pada kegiatan-kegiatan di tingkat desa. Adalah hal yang wajar mengingat desa merupakan basis dari penduduk yang berada di lapis bawah. Tujuan yayasan yang berdiri pada 30 September 1972 ini adalah untuk bergerak di bidang usaha pendidikan dan pengajaran, sosial, keagamaan/moral, turisme, kebudayaan dan kesejahteraan umat manusia.  
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah pertanian, usaha kecil dan perkoperasian, sektor informal, kesehatan, wanita dalam pembangunan, lingkungan hidup, anak, kependudukan dan keluarga berencana, serta kajian agama. Ketiga bidang kegiatan pertama di atas sekaligus sebagai kegiatan penunjang. Sementara bentuk kegiatannya berupa studi, penelitian, survai, pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan pendampingan masyarakat, serta seminar, diskusi dan lokakarya. Juga ditunjang oleh bentuk kegiatan penerbitan dan publikasi, advokasi, dan perkreditan.  
Program: Melakukan program pendidikan secara berkesinam­bungan.  
Sumber dana: Sumber dana lembaga ini berasal dari Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS).  
Keanggotaan dan wilayah kerja: Tidak tersedia informasi keanggotaan lembaga ini. Propinsi Bali Wilayah kerja lembaga ini meliputi.  
Staf: Lembaga ini memiliki 3 staf tetap, 4 staf tidak tetap, 2 staf profesional, dan 5 staf administrasi.
Background and purpose: The background of the establishment of YAYASAN MAULANA was the awareness of its founders about the need to fight for the needs of poor people, and improve their welfare by providing them with education. Initially, the foundation concentrated on activities at the village level. This was because the village is the base of people from the lower class of the society. Accordingly, YAYASAN MAULANA, established on 30 September 1972, aims to carry out activities in the educational sector and in social, religious/moral, tourism and cultural fields.  
Area and form of activities: The foundation’s main fields of activity are agriculture, small enterprises and cooperatives, informal sector, health care, women in development, environment, children, population and family planning, and religious studies. The first three are also its supporting fields. Meanwhile, activities carried out in those fields take the forms of study, research, survey, education and training, community development and facilitation, discussion and workshop. They are supported by activities like publication, advocacy and credit provision.  
Program: YAYASAN MAULANA carries out continual programs of education.  
Funding sources: The foundation’s fund sources are Zakat, Infaq and Sadaqoh (tithes and alms).  
Membership and working area: Information about YAYASAN MAULANA’s membership is not available. It operates in the province of Bali.  
Staff: To date, the organization has 3 full-time and 4 part-time staff members. They are comprised of 2 professional and 5 administration workers.           

Postingan terkait: