SEMARAK

SEMARAK
Yayasan Semangat Anak Rakyat  

The Spirit of Child People Foundation
Alamat/Address: Jalan Jati III No. 66 (Pasar Merah), Medan 20217, Sumatera Utara; Telp.: (061) 754547Contact person: Ramches Merdeka (Sekretaris Eksekutif)

Latar belakang dan tujuan: Salah satu akibat dari model pembangunan yang sentralistis adalah nasib anak tidak diperhatikan, dipinggirkan, bahkan tidak ada jaminan hukum baginya. Karena itu lembaga yang didirikan pada 2 Februari 1996 ini bertujuan untuk melakukan pendidikan, penyadaran dan advokasi terhadap hak-hak anak.
Bidang dan bentuk kegiatan: Bidang kegiatan utama lembaga ini adalah perlindungan dan pembelaan terhadap anak, selain itu juga disertai hak asasi manusia dan demokrasi, gender dan sektor informal. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan melalui berbagai bentuk kegiatan: pendidikan dan pelatihan, pendampingan masyarakat dan advokasi, selain itu juga seminar dan publikasi.
Program: Di antara kegiatan yang pernah dilakukan adalah open house.
Publikasi: Menerbitkan Buletin Dak Danak dan Jurnal Anak Jalanan.
Sumber dana: Salah satu sumber dana lembaga ini adalah hibah dari beberapa lembaga internasional seperti THD Belanda dan IPW Perancis.
Keanggotaan dan wilayah kerja: Di tingkat regional, lembaga ini menjadi anggota FORHAMSU, AGRESU dan KHAI; di tingkat nasional masuk jaringan organisasi LPA; dan masuk jaringan organisasi internasional yaitu International Prison Watch. Sedangkan wilayah kerjanya meliputi wilayah Deli Serdang dan Medan.
Staf: Yayasan ini memiliki 2 orang staf tetap, 3 orang staf tidak tetap, ditambah 2 orang tenaga profesional dan seorang tenaga administrasi.
 
Background and purpose: One of the effects of the centralistic development model is the fate of children not to be given attention, to be pushed aside, whereas there is no legal protection for them. For that reason this institute was established on February 2 1996 with the aim to undertake education, awareness and advocacy on the rights of children. Area and form of activities: The main activities of the institute are protection and defense for children, and in addition also human rights and democracy, gender and the informal sector. Said activities are carried out in the form of education and training, community assistance and advocacy, and also seminars and publications.
Program: Among the activities previously carried out is, among others, the activity of open house.
Publication: Publishing the Bulletin Dak Danak and the Journal Anak Jalanan.
Funding sources: One of the sources of funds for the activities of the institute is aid by grants from a number of international institutes such as RTHD Netherlands and IPW France.
Membership and working area: The foundation is a member of the regional organizations FORHAMSU, AGRESU and KHAI, and has entered the network of the national organization LPA. It also joined the network of the international organization International Prison Watch. Its working area covers the area of Deli Serdang and Medan.
Staff: The foundation is managed by 2 permanent staff members, 3 non permanent staff members and 2 professional workers and one administrative worker.

Postingan terkait: