Demokrasi Di Bawah Cengkeraman Oligarki



POLITIK Indonesia kontemporer ditandai oleh ketidaksetaraan. Beberapa pakar oligarki banyak memberikan analisis tajam mengenai ketimpangan distribusi kekayaan material di Indonesia sebagai ciri utama politik Indonesia. Mereka juga memajukan analisis komparatif tentang sistem politik nasional dengan menggunakan konsep oligarki dalam kasus Indonesia sebagai sebuah kategori analisis politik. Analisis ini mengupas wujud kelemahan demokrasi Indonesia dan menyoroti pelbagai perbedaan di antara aturan dan prosedur formal demokrasi serta penggunaan kekuasaan di bawah pemerintahan demokratis.

Titik tolak untuk memahami politik Indonesia kontemporer adalah dengan mangamati bahwa ketidaksetaraan material yang ekstrem niscaya menghasilkan ketidaksetaraan politik yang juga ekstrem. Baik dalam sistem demokrasi ataupun sistem otoriter, semakin tidak meratanya distribusi kekayaan, dan semakin
dibesar-besarkannya kekuasaan dan pengaruh orang kaya, maka kesenjangan material itu sendiri akan semakin intens mewarnai motif dan tujuan politik para oligarki.

Terlepas dari sumber daya kekuasaan (power resources) lain yang lebih tersebar dalam masyarakat—seperti sistem satu-orang-satu-suara dalam demokrasi Indonesia atau mobilisasi dan tindakan langsung para aktivis dan buruh— kesenjangan besar dalam kekuasaan material inilah yang membentuk, mendominasi, dan mendistorsi politik Indonesia secara umum.

Teori oligarki dengan sangat baik menangkap kekuasaan dan politik pemusatan kekayaan ekstrem itu dalam ekonomi-politik Indonesia dan memperjelas perannya dalam formasi sosial negeri tersebut.

Melengkapi topik tentang oligarki,  berikut daftar artikel dan ulasan majalah prisma kali ini :


TOPIK KITA

2 - Demokrasi, Harta, dan Negara - Daniel Dhakidae

3 - Melampaui Oligarki?: Bahasan Kritis Kekuasaan Politik dan Kesenjangan Ekonomi di Indonesia - Michele Ford dan Thomas B Pepinsky

11 - Oligarki dan Demokrasi di Indonesia - Jeffrey A Winters

35 Ekonomi Politik Oligarki dan Pengorganisasian Kembali Kekuasaan di Indonesia - Vedi R Hadiz dan Richard Robison

57 - Pluralisme dan Perseteruan Politik di Indonesia - Thomas B Pepinsky

77 - Agensi dan Kepentingan Massa dalam Masa Transisi dan Konsolidasi Demokrasi di Indonesia - Edward Aspinall


E S A I
98 - Meratapi Keberhasilan, Sambil Merindukan yang Harus Hilang - Daniel Dhakidae


D I A L O G
102 - Oligark Hitam, Jokowi, dan Revolusi dari Atas - A Rahman Tolleng


S U R V E I
110 - Pemilihan Umum di Indonesia Tahun 2014 - Leo Agustino


B U K U
126 - The Middle Indonesia dalam Formasi Negara-Bangsa - Wildan Sena Utama

OPEN ORDER


Postingan terkait: